Selasa, 15 Maret 2011

KEAJAIBAN SENYUM

Sudah menjadi hal yang biasa bahkan menjadi kebutuhan manusia sehari-harinya untuk tersenyum. Ya, senyum memang memiliki arti yang sangat mendalam bagi setiap insan di dunia.

Hal yang paling unik lagi, senyum merupakan sifat universal yang dapat direspon sama oleh siapapun di berbagai belahan dunia manapun. Contohnya, jika kita memberikan senyum kepada orang lain,baik itu kepada suku sunda, jawa, warga Indonesia, warga Inggris, ataupun warga negara lain, pastinya akan direspon dengan senyuman juga.

Senyum yang berasal dari hati memang memiliki makna bahwa kita menunjukan sikap hangat, keramahan, serta membuat dapat membuat orang lain menjadi lebih respect terhadap kita. Namun tidak semua senyuman bermakna indah seperti itu. Seperti halnya senyuman sinis yang ditujukan kepada orang lain sebagai contohnya. Maka orang lain akan merespon dengan sikap tidak suka, membuat image kita menjadi kurang baik di mata orang lain, terutama orang yang baru kita kenal atau kita lihat. Hal tersebut juga bisa menjadi sikap yang  kurang sopan apabila kita memberikan senyuman yang bersifat sinis. Bahkan lebih parahnya lagi, bukan menjadi hal yang tidak mungkin orang menjadi marah atau tersinggung karena kita memberikan senyuman yang sinis dan angkuh.

Karena itu, mulai dari senyuman, kita harus bias melatih dan menjaga diri agar kita bisa lebih menghargai perasaan orang lain. Berikan senyuman tulus yang berasal dari hati yang terdalam agar persahabatan dan silaturahmi mudah terjalin antara diri sendiri dan orang lain serta antara diri sendiri dan masyarakat luas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar